" Seseorang boleh memiliki kata-kata dan gagasan sepenuh dunia, tetapi bila tidak menulis satu kalimatpun darinya, maka anak-anak akan kehilangan warisan berharga. Sebab angin dan ombak tidak pernah bisa menyimpan apa-apa".

Jumat, 02 September 2016

BATU HIJAU BOOTCAMP : DARI TIMUR KE BARAT “ MERAJUT MIMPI, MENEBAR INSPIRASI DI SMPN 1 MALUK”


Foto Bersama Siswa-Siswi SMPN 1 Maluk usai sesi Kelas Motivasi. Foto Rangga Aksarani
Kita percaya bahwa satu langka kecil yang kita lakukan akan bermanfaat besar untuk masa mendatang. Komunitas Batu Hjau Bootcamp melalui programnya dari timur ke barat adalah bentuk real dari aksi turun tangan yang hanya bisa dilakuka orang-orang yang peduli, empati dan punya misi mulia yakni mengubah nasib bangsa menjadi lebih baik di masa mendatang.
Mengawali kegiatan Batu  Hijau Bootcamp, tiga bootcampers (sebutan untuk alumni Batu Hijau Bootcamp) asal Sumbawa Besar yaitu saya, Aan Widhiatma dan Iksan anugrah memulai perjalanan  dari SMPN 1 Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat. Pada hari Selasa, 23 Agustus 2016 kami menggelar kegiatan motivation training bertajub “Get Your Amazing Success” dengan peserta seluruh kelas IX yang kurang lebih berjumlah 100 orang. Sukses adalah suatu kemampuan untuk mengenal potensi diri dan mampu mengembangkan serta mengoptimalkan yang ada, sehingga dapat bermanfaat untuk kepentingan orang banyak, masyarakt dan dunia. Pada dasarnya setiap manusia ingin meraih sukses, namun tidak banyak yang tahu bagaiaman caranya.
Kegiatan tersebut diawali dengan sesi perkenalan dan game oleh saya dan Ikhsan Anugrah sebagai pembuka semangat untuk siswa-siswi di SMPN 1 Maluk. Mereka sangat antusias menerima materi yang pada kesempatan kali ini akan dibawakan oleh mas Aan Widhiatma. Saya teringat kembali setahun yang lalu saat saya beserta peserta Batu Hijau Bootcamp IV berkunjung ke SMKN 1 Maluk dengan bentuk kegiatan yang serupa. Ketika kami menayakan cita-cita siswa disana, mereka hampir sebagaian menjawan ingin menjadi pekerja tambang, Hal ini sangatlah wajar, mengingat mereka sehari-hari tinggal dan melihat aktivitas pekerja tambang. Dalam pemikiran mereka bahwa menjadi pekerja tambang akan berpenghasilan lebih dan sejahtera. Kami bootcampers yang hadir saat itu, mencoba membuka ruang pikir mereka bahwa diluar sana juga masih banyak pekerjaan dan cita-cita yang lebih menjanjikan. Cita-cita bukanlah  hanya tentang sebuah penghasilan semata, tetapi jauh dari itu hasil dari sebuah kerja keras dan titik ukur raihan kita mencapai kesuksean. .  
Pada sesi motivasi yang disampaikan mas Aan Widhiatama, beliau mengantarkan dengan memberi gambaran tentang kondisi Kabupaten Sumbawa Barat  dahulu dan kini. Perubahan tidak bisa dipungkiri sejak PT Newmont Nusa Tenggara  mulai beroiperasi terutama kondisi didaerah lingkar tambang. Siswa-siswinya SMPN 1 Maluk yang notabanenya tinggal didaerah lingkar tambangpun dituntut untuk bisa mnyesuikan dengan kondisi perubahan zaman dan tekhnologi yang semakin maju. Mas Aan memotivasi mereka untuk menggantungkan  cita-cita mereka setinggi bintang dilangit. Melaui video dan slide yang ditampilkan dan diceritan mas Aan, perlahan siswa memiliki semangat yang keras untuk meraih cita-cita mereka. .
Kami bootcampers telah menyiapkan pohon harapan sebagai media untuk siswa-siwi menuliskan mimpi mereka. Pohon harapan ini juga dihajatkan sebagai bentuk perajut mimpi dan cita-cita mereka dimasa depan. Cita-cita dan harapan yang telah mereka tulis dan temprelkan di pohon harapan, menjadi bentuk komitmen mereka untuk belajar lebih giat lagi untuk meraih cita-cita.Berbagi tak hanya berbentuk materi, namun, berbagi nilai-nilai postif dalam kehidupan pun sangat menyenangkan. Saya belajar berbagi nilai yang saya miliki kepada siwa-siswi disiini. Siswa-siwa ini pun pun secara tidak langsung mengajari saya tentang nilai kehidupan yang terkandung dalam diri mereka. Kami dijembatani oleh Batu Hijau Bootcamp  untuk saling berbagi nilai-nilai tersebut . Semoga dengan kegiuatan motivation class ini di SMPN 1 Maluk tersebut bisa menjadi semangat untuk siswa-siwi dalam meraih cita-cita mereka dimasa akan dating.

2 komentar:

  1. Rindu bermain ke Maluk.. Semoga program inspiratif seperti ini bisa konsisten dijalankan yaa :)

    BalasHapus

Copyright © AKSARA RASA | Design by Wingga