" Seseorang boleh memiliki kata-kata dan gagasan sepenuh dunia, tetapi bila tidak menulis satu kalimatpun darinya, maka anak-anak akan kehilangan warisan berharga. Sebab angin dan ombak tidak pernah bisa menyimpan apa-apa".

Kamis, 14 April 2016

Kenawa: Pulau Menawan nan Eksotis di Gerbang Sumbawa



Bagi anda yang merencanakan untuk berlibur atau ingin menikmati keindahan Pulau Sumbawa dan menginkan wisata  murah dan mudah dijangkau, maka Pulau Kenawa yang berada di desa Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat adalah pilihan yang tepat. Berada tidak jauh dari gerbang Pulau  Sumbawa  yaitu Pelabuhan Poto Tano jika anda menempuh perjalanan darat dari Pulau Lombok menjadikan pulau ini sangat mudah untuk didatangi. Anda bisa menggunakan kapal-kapal kecil nelayan di desa Poto Tano untuk menuju Pulau Kenawa. Disediakan dermaga khusus untuk menyebrang ke Pulau Kenawa yang berjarak 200 meter sebelah utara dari Pelabuhan Poto Tano.



Jika anda datang dari arah Sumbawa Besar bukan dari Pulau Lombok perjalanan darat menuju Poto Tano jaraknya mencapai 93 kilometer, yang akan ditempuh waktu sekitar 2 sampai hingga 3 jam perjalanan darat. Sedangkan bagi anda yang datang dari pulau Lombok , anda bisa memilih naik bus atau kendaraan lain nya menuju Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur dan di lanjutkan dengan penyebrangan menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat kurang lebih 2 jam menggunakan kapal Ferry.Setelah itu, anda bisa melanjutkan perjalnan ke Pulau Kenawa selama kurang lebih 15 menit melalui  dermaga khusus. Anda bisa menyewa kapal nelayan yang biasa membawa wisatawan menyebrang ke Pulau Kenawa. Tarif yang dikenakan mulai dari 200-350 ribu (sesuai penawaran dan  kesepakatan) yang bisa memuat 15 orang untuk sekali perjalanan (PP).



Setibanya di  Pulau Kenawa, hampir sama rasanya berlibur di pulau pribadi. Suasana yang sepi dan damai membuat kita merasa nyaman di pulau ini.Bagi saya yang sudah beberapa kali kesana, tentu tidak ada rasa bosan jika sudah menginjakkan kaki dipulau yang menawarkan pesona tiada duanya itu.
            Pulau Kenawa ini memang tidak berpenghuni, namun disana sekarang ada warga setempat yang tinggal sekaligus berjaualan  untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Terdapat sebuah pondok berukuran sedang mirip rumah dan beberapa pondok kecil (berugaq) yang terbuat dari kayu dan bambu yang bisa di gunakan oleh pengunjung untuk sekedar bereduh bahkan untuk menginap. Tetapi untuk menginap pengunjung dan wisatawan biasanya memilih membawa perlengapan sendiri. Seperti hal yang saya lakukan beberapa kali  pernah menginap  disana dan membawa perlengkapan camping sendiri.




Salah satu pesona Pulau Kenawa yang menjadi daya tarik yaitu padang rumput yang sangat cantik dan luas, bahkan hampir menutupi semua bagian Pulau ini, hanya bagian bukit kecil dan tepi pantainya saja yang tidak tertutupi oleh rerumputan. Jika anda ingin menikmati keindaha Pulau Kenawa secara keseluruhan, anda bisa mencoba tracking menuju puncakbukit yang menajdi icon PulauKenawa. Dari puncak bukitinilah, seluruh sisi Pulau Kenawa terlihat jelas, dan tepat dibelakangnya kita bisa melihat Gunung Rinjani jika tidak tertutup awan.




 Tidak hanya padang rumput yang menjadi pesona mulai mungil nan eksotis ini, Pulau Kenawa juga memiliki keindahan laut yang cukup mengesankan. Bagi anda yang suka snorkeling maka anda bisa mencoba menikmati keindahan bawah lautnya. Tetapi anda harus membawa peralatan sendiri, karena disana pedagang yang berjualan hanya menyediakan 1 alat saja untuk disewakan.





Serunya liburan tentu harus di rasakan beramai-ramai. Bagaimana ? tertarik untuk mengunjungi pulau menawannan eksotis ini. Ajak keluarga, teman  dan siapa saja untuk bersama-sama menikmati pesona Pulau Kenawa.




2 komentar:

  1. Subhan keren postingannya. Sekedar saran aja, pasang fotonya jangan terlalu kecil dimensinya. Yah minmal 620 pixel x 370 pixel ya Subhan. Biar lebih maksimal melihat keindahan alamnya

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas saran nya kang dzul..postingan selanjutnya saya akan rubah ukuran fotonya

    BalasHapus

Copyright © AKSARA RASA | Design by Wingga